banner iklan middle

pop up

close
*********Click Here to Close Advertise*********
*********Click Here to Close Advertise*********
- See more at: http://qiulsme-rock.blogspot.com

Jumat, 27 Maret 2009

Tips membuat Blog

Sebenarnya sama masih belum pede menampilkan tulisan ini karena pengunjung blog ini masih belum sedahsyat pengunjung blog teman-teman yang lain. Makanya di ujung judul saya tambahkan tulisan Bagi Pemula, yup tips ini merupakan tips yang saya lakukan ketika baru menjadi blogger dimana belum kenal siapapun. Ga seperti sekarang sudah ada teman-teman yang telah rela rajin mengunjungi blog ini hihihi…. Tulisan ini juga nekat saya publish mengingat banyaknya teman-teman yang AKAN jadi blogger dan mungkin ga ngerti dengan tips-tips di blog lain yang mungkin ditujukan bagi para blogger yang mungkin sudah lebih duluan. Tips ini saya bagi dalam 3 yakni tips menarik pengunjung sebelum memiliki blog, tips menarik pengun jung setelah memiliki blog dan tips nyeleneh yang sampai sekarang belum saya praktikan hehehe.

Sebelum Memiliki Blog.
Mungkin aga aneh kedengarannya, gimana mau menarik pengunjung jika blog aja blom punya hehehe. Tapi di mata saya sebagai seorang yang sangat newbie, tips ini sangat bermanfaat karena merupakan ajang perkenalan dan pembentukan image.
1. Gabung dengan social community seperti BlogCatalog dan MyBlogLog, kalo perlu gabung dua-duanya karena setahu saya kedua layanan itulah yang paling banyak dipakai. Setelah gabung, bikin nickname yang Unik dan Menarik seperti misalnya saya menggunakan Zalukhu ada juga yang unik dan menarik seperti Persikers, Bocah Iseng, Blogguebo dan laennya. Pokoknya buat nick yang sebisa mungkin membuat orang lain tertarik untuk melirik hingga menimbulkan rasa penasaran. Selanjutnya pasang icon/avatar yang juga unik dan menarik atau lucu namun ga pasaran hehehe. Misalnya saya pakai avatar Burung Beo Po “Kungfu Panda”, Bayu memakai avatar monyet tengil dan cewek cantik, Jimmy pakai avatar gambar bayinya yang imut tapi kalo pede atau memiliki wajah cantik atau cakep pasang aja sebagai avatar hehehe.
2. Selanjutnya coba deh blogwalking alias berkunjung ke blog-blog yang terkenal dan memiliki banyak pengunjung namun jangan lupa (ini yang sering dilupakan termasuk saya hehe) login dulu di Blogcatalog dan MyBloglog. Di blog-blog dengan traffic yang tinggi seperti Priyadi, Cosaaranda, Bayumukti tinggalkan komentar yang tentunya menarik jangan Cuma kalimat singkat. Untuk mulai membentuk image, pampanglah nick yang anda ciptakan sebagai image yang tentunya memiliki keunikan hingga menarik perhatian pengunjung lain. Minimal mereka akan melirik nick tersebut hingga jika sudah sering melirik nick anda maka tentunya akan tinggal dalam memory mereka bukan ? Dengan berkunjung di blog-blog terkenal sekaligus juga mempromosikan image yang dibentuk melalui widget blogcatalog dan myblog yang terpasang di blog tersebut. Jika masih belum memiliki blog maka di kolom url komentar masukkan url alamat mybloglog dan blogcatalog.
Setelah Memiliki Blog.
Setelah memiliki blog, maka selain 2 poin di atas, lanjutin dengan poin-poin berikut:
3. Masih berkaitan dengan poin nomor 2, cobalah blogwalking dan ngisi komentar di blog-blog lain tanpa memperdulikan popular atau tidak. Tinggalkan komentar dengan ciri khas dan berisi tentang tawaran persahabatan. Bagi blogger-blogger yang memahami akan pentingnya jalinan persahabatan, maka mereka akan mengunjungi balik blog anda dan bisa saja meninggalkan komentar. Nah dari tahap inilah mulai tangkap siapa-siapa saja blogger yang merespon balik dengan cara senantiasa membalas komentar-komentar mereka dan tentunya juga rajin mengisi komentar di posting mereka. Dan jangan lupa untuk mencari Sahabat-sahabat yang lain dengan cara yang sama. Tips ini mungkin ga berlaku bagi blog-blog yang sudah sangat popular, jadi dengan mengisi komentar di blog pupuler jangan terlalu banyak berharap untuk dikomentari balik? . Disinilah letak perbedaan antara poin nomor 2 dan nomor 3. Jika di poin nomor 2 dengan target blog popular, tujuan kita adalah memperkenalkan blog kita dan menarik pengunjung blog tersebut untuk mampir ke blog kita melalui link di komentar maupun di widget social community, sedangkan di poin nomor 3 bertujuan untuk menjaga PERSAHABATAN sekaligus menjaga pengunjung tetap bagi blog kita.
4. Jika sudah mendapatkan teman maka mulailah mengisi blogroll blog anda dengan link ke blog mereka, tentunya jangan memaksa mereka untuk memberikan link balik blog anda diblogroll mereka. Tapi yakin deh dengan menunjukkan bahwa anda menghargai pertemanan dengan mereka lewat menampilkan link mereka diblogroll anda maka ga akan lama Link anda akan muncul diblogroll mereka. Namun banyak yang tergelincir lewat tips ini, ketika tujuan kita untuk menampilkan link diblogroll mereka sudah tercapai, janganlah berhenti untuk selalu mengunjungi blog teman-teman kita tersebut. Tetap tunjukkan bahwa anda tetap menjadi pengunjung setia blog mereka dengan rajin berkunjung dan mengisi komentar di tiap posting mereka. Namun jika ada yang menawarkan link exchange atau tukaran link jangan ditolak deh hehehe.
5. Selanjutnya masih dengan harapan mendapatkan backlink dan menjalin pertemanan maka jangan Pelit untuk memberikan Link bagi teman-teman anda. Tetaplah berikan backlink bagi mereka melalui tulisan-tulisan anda. Namun jangan ngambek jika mereka ga memberikan link balik hehehe namun tetapkanlah suatu jangka waktu dimana anda memberikan link bagi blog tertentu, misalkan ketika anda telah memberikan link dalam 10 posting kepada blog teman namun yang bersangkutan ga pernah memberikan satupun link balik maka mending cari target lain hehehehe. Namun ketika anda sudah memiliki teman yang menurut anda special maka ga perlu berharap link balik kan? Tetaplah mendukung dengan selalu rajin memberikan link padanya.
6. Buatlah posting yang berbobot dengan judul yang menarik dan bahasa yang mudah dimengerti. Jangan terus-terusan menampilkan tulisan yang hanya berisikan tentang diri anda tetapi berikanlah tulisan berisikan tips-tips dan hal-hal yang memang berguna bagi para pengunjung. Ga salah juga jika ikut mengangkat tulisan yang lagi marak diangkat oleh blogger lain asal jangan main copy paste aja hehe. Hindari menulis artikel dengan gaya menggurui misalnya anda membahas bagaimana meningkatkan Pagerank sedangkan pagerank blog anda sendiri belum pernah naik. ?
7. Submit posting anda ke situs-situs social bookmark seperti digg serta di situs-situs iklan baris.
8. Selalu balaslah setiap komentar yang ada di posting anda dengan gaya bersahabat dan jangan lupa sebutkan nama lengkap mereka. Iringi pula dengan membalas memberi komentar di blog-blog mereka.
9. Pasang widget-widget penarik pengunjung di blog anda seperti misalnya : FeedtJit, Entrecard, dan lain-lain.
Nah ke 9 poin di atas adalah langkah-langkah yang telah saya lakukan untuk mendapatkan pengunjung namun sebenarnya terdapat langkah-langkah lain namun sampai sekarang belum pernah saya lakukan namun buat sekedar berbagi saya tampilkan juga di sini.
10. Buatlah artikel yang Fantastis yang bisa menimbulkan polemik ataupun kontroversi namun langkah ini beresiko anda akan menjadi tokoh antagonis di dunia blogger hehehe.
11. Pasang Iklan baik berupa text link maupun Banner komersil misalnya di Google Adsense, Cosaaranda dan lain-lain.
12. Sebarkan ajakan melalui email missal hehehe tapi cara ini bisa dianggap spamming lho.
Namun dari poin-poin di atas saya lebih menyarankan agar untuk mendapatkan pengunjung maka jalinah pertemanan dan pesahabatan dengan blogger-blogger lain karena dalam dunia blogging Persahabatan dan Networking adalah Nyawa blog kita.

Sumber:

http://www.zalukhu.com/blogging/tipsmenarik-pengunjung-blog

Tidak ada komentar:

Entri Populer